Penyedia barang

Yahoo Messenger

cs

Yahoo detect ...



Order

Yahoo detect ...



Offline/Doesn't configured yet
Periklanan

Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar

Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar

Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar

Prof.Dr.S.Nasution,M.A.
Penerbit Bumi Aksara,

234 halaman

More details

Harga murah !
Rp. 32,300.00

Rp. 38,000.00

(price reduced by 15 %)

Add to my wishlist

Loyalty programBy buying this product you can collect up to 3230 loyalty points. Your cart will total 3230 points that can be converted into a voucher of Rp. 646.00.



technorati delicious reddit facebook twitter stumbleupon yahoo digg flickr

Proses belajar mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya. Dalam buku ini diuraikann berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar Tuntas-Belajar Bebas-Gaya Belajar-Sikap Guru-Metode Kuliah-Pengajaran Modul. Isi Buku Ini sangat penting untuk dipelajari dan dipahami oleh Mahasiswa IKIP,calon guru dan mereka yang berminat di bidang pendidikan dan pengajaran.

Daftar Isi

I.PROSES BELAJAR MENGAJAR MENURUT JEROME S. BRUNER
- Pendahuluan
- PentingnyaStruktur
- Kesiapan Untuk Belajar - Perkembangan Intelektual anak
- Implikasi bagi Pengajaran
- Proses belajar
- Berpikir Intuitif dan berpikir analitis
- Variabel-Variabel dalam berpikir intuitif
- Kepercayaan akan diri sendiri
- Alat-alat Mengajar

II.RESOURCE- BASED LEARNING
- Pengertian
- Latar belakang "resource-based learning"
- Pemahaman baru tentang pelajar
- Perubahan dalam media komunikasi
- ciri-ciri belajar berdasarkan sumber
- Pelaksanaannya

III.BELAJAR TUNTAS ( MASTERY LEARNING )
- Murid pandai dan murid bodoh
- Belajar Tuntas
- Faktor-Faktor yang mempengaruhi penguasaan penuh
- Usaha mencapai penguasaan penuh
- Prasyarat-prasyarat
- Prosedur tambahan
- Hasilnya

IV. USAHA-USAHA DALAM PENGAJARAN INDIVIDU
- Macam-macam cara
- Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran
- Komputer untuk manajemen pengajaran
- Komputer sebagai pemberi informasi
Pusat-pusat belajar
- Pendekatan audio-tutorial
- Pengajaran modul
- Minicourse
- Sistem kontrak
- Sistem Keller
- Pengajaran yang ditentukan untuk tiap individu
- Proses Belajar-Mengajar Menurut Pilihan Siswa
- Tinjauan dan renungan
- Taraf individualisasi
- Peranan guru
- Fasilitas dan sumber
- Peranan Siswa
- Individualisasi mengenai isi dan metode
- Evaluasi
- Masa depan pengajaran individual

V. BELAJAR BEBAS
- Psiko- terapi sebagai dasar belajar
- Adakah manusia bebas?
- Teori Rogers dalam Pendidikan
- Syarat-syarat untuk belajar bebas
- Empathy(empati)
- Menyediakan sumber-sumber
- Larangan bagi guru
- Proses belajar bebas
- Penutup

VI. GAYA BELAJAR
- Gaya Belajar
- Gaya kognitf
- Tiga model gaya belajar
- Impulsif- Reflektif
- Preseptif- reseptif;Sistematis - Intutif
- Sistematif - Intutif
- Implikasi bagi pendidikan
- Model-model gaya respons
- Model- Grasha- Riechmann
- Model Stern
- Implementasi gaya belajar sebagai inovasi pendidikan
- Memanfaatkan gaya belajar siswa
- Cognitive Style Mapping (CSM)
- Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)
- Model Kolb
- Manfaat gaya-belajar murid bagi guru
- Penggunaan gaya belajar oleh keseluruhan lembaga
- Berbagai masalah yang dihadapi

VII. SIKAP GURU
- Sikap otoriter
- Sikap "permissive"
- Sikap riil
- Pribadi guru
- Bagaimanakah seharusnya sikap guru?

VIII. BEBERAPA PENDAPAT TENTANG METODE KULIAH
- Bagaimanakah pendapat pengajar
- Bagaimana pendapat mahasiswa
- Fungsi Kuliah
- Apakah hasil perkuliahan
- apakah kuliah harus dihadiri?
- Kedudukan kuliah
- Panjang Kuliah
- Cara penyelesaian
- Evaluasi

IX. PROSES BELAJAR-MENGAJAR MENURUT ROBERT M. GAGNE
- Teori-teori Belajar
- Aneka Ragam Bentuk Belajar Menurut Robert M. Gagne
- Kejadian-kejadian dalam Belajar dan Mengingat
- Signal Learning(Type 1)
( Belajar Isyarat )
- Belajar Berdasarkan Stimulasi- Respons (Type 2)
- Belajar berdasarkan rangkaian motoris dan verbal (Type 3)
- Asosiasi atau Rangkaian Verbal (Type 4)
- Belajar Berdasarkan Diskriminasi (Type 5)
- Belajar Konsep (Type 6)
- Belajar Konsep Yang Didefinisikan dan Aturan (Type 7)
- Memecahkan masalah (Type 8)
- Hierarki dalam Belajar
- Kesiapan untuk Belajar
- Disain Pengajaran
- Sumber-sumber Belajar

X. PENGAJARAN MODUL
- Prinsip-prinsip
- Pelaksanaan
- Administrasi Modul
- Cara Menyusun Modul
- Masalah-masalah
- Kesimpulan

No customer comments for the moment.

Only registered users can post a new comment.

Cart  

(empty)

New products

No new products at this time

Specials